Sabtu, 23 Juli 2011

PEMBANTAIAN DI PULAU UTOEYA

Penembakan di Perkemahan Tewaskan 80 Orang

23 Juli 2011 11:50 WIB
(Foto : REUTERS/TV2 Norway via Reuters TV/wt)
OSLO--MICOM: Seorang warga Norwegia yang menyamar sebagai polisi menembaki para pemuda yang berkemah di sebuah perkemahan di Pulau Utoeya menyebabkan sedikitnya 80 orang tewas.
Polisi membutuhkan beberapa jam sebelum menyadari keparahan serangan terhadap tempat perkemahan yang dilakukan setelah sebuah bom meledak di Oslo dan menewaskan tujuh orang. Ledakan itu diduga dilakukan oleh pelaku penembakan tersebut.

Serangan mematikan itu merupakan yang terburuk dalam sejarah Norwegia. Ledakan bom dan penembakan di perkemahan itu juga menjadi serangan teroris terburuk di Eropa Barat sejak pengeboman kereta api di Madrid pada 2004 yang menewaskan 191 orang.

Polisi Norwegia awalnya memperkirakan korban tewas dalam penembakan di perkemahan itu hanya 10 orang namun korban yang selamat menyebut korban tewas lebih banyak lagi.

"Membutuhkan waktu yang lama untuk menyisir wilayah tersebut. Kami menemukan sedikitnya 80 korban tewas di Utoya," ujar Kepala Polisi Oystein Maeland.


Foto : Seorang tersangka 2 serangan di Norwegia Anders Behring Breivik (Skynews)
Foto : Seorang tersangka 2 serangan di Norwegia Anders Behring Breivik (Skynews)
Maeland menyebut jumlah korban tewas bisa bertambah mengingat banyak korban yang mengalami luka parah.

Seorang tersangka pelaku penembakan dan pengeboman di Oslo telah ditangkap. Meski polisi tidak merilis namanya, namun media massa milik pemerintah NRK menyebut pria tersbeut adalah Anders Behring Breivik yang berusia 32 tahun. Polisi saat ini tengah memeriksa apartemen pria tersebut. (AP/OL-12)
(MEDIA INDONESIA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar