Senin, 27 Juni 2011

SIKSAAN ZIONIS ISRAEL TAK BERUJUNG, CIPTAKAN TRAUMA

Penindasan Israel tak berujung, warga Palestina butuh bantuan untuk sembuhkan trauma

(Rasul Arasy)
Perlunya keberadaan sebuah organisasi untuk menawarkan bantuan yang tepat dan komprehensif bagi para korban penyiksaan di wilayah Palestina sangat penting, mengingat banyaknya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pendudukan Israel.


Hal ini terutama berlaku di mana penyiksaan, kekerasan terorganisir, dan pelanggaran HAM lainnya dilakukan di tengah budaya penjajahan yang meluas di seluruh Palestina.
Pusat Perawatan dan Rehabilitasi untuk Korban Penyiksaan (KKR) berupaya untuk mengurangi efek fisik dan psikologis trauma penyiksaan dan kekerasan bermotif politik, dan memberikan korban tempat untuk pergi dan mendiskusikan masalah mereka. KKR menjangkau masyarakat Palestina di semua tingkat dan menerapkan pengobatan dan jasa rehabilitasi kepada keluarga, individu dan masyarakat.
Melalui Pengobatan dan Program Rehabilitasi, KKR menyediakan perawatan medis, kejiwaan, dan psikososial yang komprehensif untuk korban penyiksaan dan keluarga mereka. Tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan pengobatan kepada mantan tahanan dan keluarga mereka, korban kekerasan terorganisir serta korban yang selamat dari penghancuran rumah, pengepungan, serangan, pemberlakuan jam malam, dan pengeboman.
Suad Mitwalli Badran, Direktur Departemen Pengobatan dan Rehabilitasi, memperkenalkan pendekatan KKR untuk kelompok sasaran mantan tahanan dan menguraikan bahwa konsekuensi psikologis dari penyiksaan dan kekerasan sering kali ditemukan pada para mantan tahanan.
Dia menjelaskan bahwa tim KKR pada awalnya menilai efek psikologis pada klien mereka setelah mereka dikeluarkan dari penjara, karena sangat sulit untuk mencapai mereka selama penahanan mereka.



Trauma psikologis yang diderita para mantan tahanan Israel
Badran mengatakan efek psikologis biasanya ditunjukkan oleh mantan tahanan dapat dikategorikan ke dalam efek jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek seperti menjadi seorang perokok berat, kurang nafsu makan, sulit tidur atau tidur yang terganggu oleh mimpi buruk (membawa kembali kejadian ketika di penjara), kemarahan, kegelisahan, kecemasan, dan peningkatan stres adalah gejala yang paling umum terwujud.
Secara umum, mantan tahanan menampilkan perilaku buruk terhadap istri mereka, anak-anak dan anggota keluarga lainnya karena ini adalah lingkungan yang langsung berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.
Merasa khawatir, tertekan dan membutuhkan waktu dalam berurusan dengan masalah mereka sendiri, mereka juga terbukti tidak dapat menjalani hidup perkawinan mereka karena mengalami kesulitan seksual dengan istri mereka.
Kurangnya kesempatan di Palestina, ditambah dengan kemiskinan karena susahnya bekerja untuk mantan tahanan, dikarenakan terlewatkannya kesempatan kerja, selama periode yang lama dihabiskan di penjara, dan sekarang mereka menghadapi masalah besar dalam mengintegrasikan ke dalam kehidupan kerja.
Secara keseluruhan, mantan tahanan hidup dengan perasaan layaknya diisolasi dan tidak berguna, merasa sangat sulit untuk menjadi bagian dari masyarakat lagi, susahnya memiliki interaksi sosial, kesulihan bertahan dengan masalah keluarga mereka serta di luar rumah, yang semuanya itu membutuhkan rehabilitasi dalam jangka panjang.
Pada tingkat fisik, beberapa masalah utama yang ditemukan setelah menjalani hukuman di penjara adalah asma dan sesak napas, penyakit kulit atau jamur karena kurangnya kebersihan, masalah perut terkait karena kebersihan makanan yang buruk.
Salah satu isu yang menjadi perhatian serius adalah meningkatnya jumlah kasus yang mengembangkan menimbulkan penyakit kanker selama di penjara, setelah dipenjara selama bertahun-tahun, dan kadang-kadang penyakit tersebut baru dirilis ketika penyakit kanker telah sampai ada stadium akhir atau hanya beberapa bulan sebelum mereka mati.
Direktur Departemen Pengobatan dan Rehabilitasi juga melihat konsekuensi jangka panjang psikologis mencatat bahwa kepribadian mantan tahanan dipengaruhi pada berbagai tingkatan. Awalnya dari pribadi yang peeriang, bahagia, rasional, dan orang yang baik sebelum dipenjara, kini berubah menjadi orang yang tertekan, memiliki motivasi yang rendah, dan mengabaikan penampilan.

Post-traumatic stress disorder
adalah efek jangka panjang yang paling khas yang dihadapi: kilas balik, ingatan yang berhubungan dengan kehidupan di penjara, termasuk insiden penyiksaan, interogasi, dan pengurungan dalam sel isolasi.
Untuk waktu yang sangat panjang, mantan tahanan tidak punya siapa-siapa untuk diajak bicara, ia dibiarkan terisolasi, punya banyak waktu untuk fokus pada situasi sementara di penjara, dan sering menemukan dirinya berpikir dengan cara yang irasional. Menjadi psikologis teratur berarti dia akan menjadi ‘stigma’ dalam masyarakat, dan ia akan dipandang sebagai seseorang yang membutuhkan bantuan mental, yang biasanya membuat itu lebih baik tinggal di rumah dan tetap sendirian.
Dalam kasus yang paling serius, mantan tahanan bahkan menolak untuk pergi keluar dan ini adalah dimana staf langkah KKR dalam mengatur kunjungan rumah bersama dengan dokter dan mendorong klien untuk meninggalkan rumah.
Masalah umum lainnya setelah rilis adalah kembali ke rumah tangga dan keinginan ayah untuk kembali mendapatkan perannya. Karena ia jauh dari rumah dan tidak menghabiskan waktu dengan istri dan anak-anaknya, sang ayah tidak memiliki peran di sana sementara ibu sedang memimpin dalam keluarga.
Kembali dari periode lama di penjara, dia sekarang dianggap sebagai ‘orang asing’ dalam keluarga yang sama, istri sekarang harus memberikan kembali perannya kepadanya dan ini adalah ketika perjuangan dimulai dalam memulihkan peran mereka dalam rumah tangga. Ini menjadi sulit bagi istri dan anak-anak untuk mengisi kesenjangan terhadap ayah mereka setelah absen panjang, dan ini menyebabkan banyak konfrontasi dalam kehidupan keluarga. Mantan tahanan merasa, pada saat yang sama, kecil dan tak berdaya dalam posisi barunya.

Serangan serdadu Israel adalah awal segala trauma
Raya Farsakh, Psikolog di Pusat Perawatan dan Rehabilitasi, mengungkapkan kasus keluarga dalam rangka untuk lebih memahami bagaimana campur KKR dan memperlakukan klien secara komprehensif.
Berdasarkan pengamatan staf KKR tidak jarang ditemukan bahwa selain para klien (mantan tahanan), keluarga mereka pun perlu diberi pendekatan secara khusus.
Keluarga diperiksa terdiri dari delapan anggota yang terdiri dari ayah, Arar Majed, istrinya, tiga anak perempuan dan tiga anak laki-laki-berusia antara 2 dan 19 – dari Qurawa Ban Izet, sebuah desa dekat Ramallah.
Pada tahun 2005, rumah mereka dihancurkan oleh bulldozer Israel. Keluarga telah menghabiskan seluruh uang mereka untuk membuat rumah baru dan tiba-tiba mereka menyaksikan penghancuran rumah baru mereka.
Serdadu Israel memerintahkan keluarga besar tersebut keluar dan mulai untuk kemudian menghancurkan rumah, dua orang yang tetap bersembunyi di dalam meninggal selama pembongkaran.
Keluarga itu ditinggalkan di luar rumah, dan salah satu keluarga berhasil menemukan penginapan sementara di garasi kecil. Pada hari yang sama, militer Israel mengambil ayah dan menempatkan dia di penjara. Perlu disebutkan bahwa ayah bukanlah anggota “kelompok militan”, ia hanya seorang pria sederhana yang bekerja di industri bangunan.
Secara keseluruhan, keluarga mengalami trauma dalam skala besar: mereka diusir dari rumah mereka dan dipermalukan, rumah mereka dibom, ayah dibawa pergi, mereka menyaksikan kematian dua orang di bawah reruntuhan.

Penyiksaan di penjara
Setelah penangkapannya, Majed Arar menjadi sasaran berbagai bentuk penyiksaan: penghinaan, pelecehan verbal, pemukulan, kekurangan tidur dan makanan, bertahan pada posisi menyakitkan, disiram air panas dan dingin ke arahnya, dipaksa untuk tetap telanjang, menderita perlakuan tidak manusiawi pada umumnya .
Sebagai bagian dari metode interogasi yang digunakan, ia dimasukkan ke dalam sel isolasi, di mana dia menghabiskan 90 hari, dan diinterogasi di dua stasiun. Selain itu, ia pindah ke ruangan dengan mata-mata yang direkrut oleh Israel untuk dilatih menjadi agen dan tinggal di sana selama satu bulan. Metode ini melibatkan penggunaan mata-mata yang bertindak sebagai narapidana biasa (tahanan politik) dan menimbulkan penyiksaan psikologis pada tahanan.
Karena sebagian besar waktunya dihabiskan di tahanan, Majed mulai mengalami masalah seperti penyakit kulit kronis di seluruh tubuhnya. Adapun gejala psikologis yang ditunjukkan, tidak nafsu makan, tidurnya terganggu oleh mimpi buruk tentang penyiksaan dan interogasi, menghadapi masalah seksual dengan istrinya, sering pelupa dan kurang fokus, ia merasa seperti orang asing di dalam dan di luar keluarganya, ia kehilangan minat dalam interaksi sosial, dia tidak bisa mempercayai orang.
Samping ayah, seluruh keluarga menghadapi konsekuensi dari apa yang telah terjadi pada tahun 2005. Farsakh mencatat, menurut pengalaman dia di KKR, trauma tidak hanya dialami oleh ayah, tetapi juga oleh anak-anak.
Nilai  pelajaran menjadi rendah di sekolah, sering mengompol karena takut, menjadi sangat obsesif tentang menjaga hal-hal untuk dirinya sendiri, menunjukkan perilaku yang sangat agresif pada umumnya.

Pemulihan Trauma
Majed telah meninggalkan penjara pada 2007, tapi tidak sampai 2009 ketika staf di KKR belajar tentang kasusnya. Sementara staf yang menangani kasus ayah, menjadi jelas bahwa anggota keluarga yang terpengaruh sehingga terapi keluarga terus dilakukan. Setelah satu tahun terapi, ayah kembali mendapat pekerjaan. Tetapi terapi individu masih berlanjut setelah satu tahun, ayah menghadiri sesi follow up setiap 2 minggu sekali, dan pengobatannya selesai dua bulan kemudian. Perlakuan berbasis keluarga dilakukan dalam waktu 4-5 bulan (14-15 sesi).
Para terapis yang bekerja dengan Majed memiliki umpan balik yang sangat baik: ia bekerja sekarang, dia berhasil mendapatkan penghasilan, memiliki hubungan baik dengan, anak-istrinya dan orang-orang di luar keluarganya, ia berencana untuk membangun rumah baru.
Di sisi keluarga, anaknya yang berusia 7 tahun perlahan prestasi akademiknya mulai membaik, ia berhenti mengompol, kepercayaan diri meningkat melalui kamp musim panas, dan menjadi lebih baik dalam bergaul. Dia juga cukup interaktif, tidak lagi agresif, mendukung saudara-saudaranya dan keluarganya.
Secara keseluruhan, suatu perbaikan besar berhasil dilakukan dalam hubungan keluarga, ibu diberikan wawasan yang lebih dalam keluarga dan kesadaran akan kebutuhan anak-anaknya, semua orang kini mendukung satu sama lain sebagai orang tua dan anak-anak, dan mereka tahu apa peran mereka dan dapat hidup sebagai satu keluarga.
Pusat Perawatan dan Rehabilitasi untuk Korban Penyiksaan (KKR) adalah sebuah organisasi nirlaba terkemuka dan menyebarluaskan informasi mengenai nasib para korban penyiksaan di Palestina. KKR satu-satunya pilihan yang tersisa untuk para korban penyiksaan dan kekerasan terorganisir di Tepi Barat yang tidak mampu membayar perawatan di klinik swasta. (rasularasy/arrahmah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar