Senin, 07 November 2011

LAGI, ZIONIS SERGAP KAPAL BANTUAN KE GAZA

Angkatan Laut Israel Sergap 2 Kapal Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

YERUSALEM (voa-islam.com) - Angkatan Laut Israel hari Jumat (04/11/2011) menyergap dua kapal internasional yang membawa para aktivis pro-Palestina yang berusaha menerobos blokade terhadap Jalur Gaza,
kata militer dalam sebuah pernyataan.

"Sesaat lalu, pasukan Angkatan Laut Israel menaiki kapal-kapal yang sedang dalam perjalanan menuju Jalur Gaza, berusaha menerobos blokade keamanan maritim yang diberlakukan sesuai dengan hukum internasional," katanya dilansir dari AFP.
Kedua kapal dengan nama lambung Saoirse (Irlandia) dan Tahrir dari Kanada sedang berada sekitar 50 mil laut dari pantai ketika dikontak oleh AL Israel yang meminta mereka untuk berbalik.
AL Israel juga menyarankan keduanya untuk berlayar ke arah pelabuhan Israel, Ashdod, atau ke Mesir namun para pegiat tidak bersedia mematuhinya.

Kapal AL Israel kemudian mendekati kedua kapal dan personilnya masuk ke dalam kapal sebelum menarik keduanya ke arah Ashdod
Kapal Kanada dan Irlandia itu lepas jangkar dari Turki, Rabu 2 November, dengan membawa obat-obatan senilai 30 ribu dollar AS dan 27 relawan diantaranya ada beberapa wartawan internasional dan beberapa tokoh asing asal berbagai negara, termasuk Amerika Serikat.
Ini bukan kali pertama militer Israel menyergap kapal bantuan kemanusian yang berusaha untuk menembus blokade Gaza. Lebih setahun yang lalu, pasukan khusus Israel juga pernah menyerbu konvoi kapal bantuan kemanusian dengan tujuan yang sama  sehingga mengakibatkan 9 aktivis asal Turki yang ada di salah satu kapal yang ikut konvoi tewas.
Blokade atas Gaza mulai diberlakukan pada 2006 dengan tujuan menghentikan masuknya senjata maupun barang-barang lain dan memberi tekanan kepada Hamas yang menguasai kawasan itu. (by/ant/bbc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar